Essential Oil yang Aman untuk Anak Usia Bayi dan Balita

Secara umum, tidak semua essential oil berbahaya bagi anak-anak, juga tidak semua essential oil aman bagi anak-anak. Pun tergantung cara pemakaiannya juga.

Maka dari itu, apabila Anda ingin memberikan essential oil pada anak Anda, pelajari terlebih dahulu aturan pakainya. Jangan sampai asal langsung pakai saja.

Terlebih lagi bila anak Anda masih balita, apalagi kalau masih bayi. Karena, kulitnya masih cukup tipis. Beda dengan orang dewasa. Pun ia bisa mengalami gangguan kesehatan jika mendapatkan perlakuan dan porsi yang tidak tepat, yang jelas berbeda dengan orang dewasa.

Setidaknya berikut ini beberapa aturan yang mesti Anda perhatikan.

1. Agak hati-hati pada bayi di bawah usia 6 bulan

Sebenarnya setiap anak bayi berbeda-beda. Tidak ada patokan khusus terkait usia. Ada yang ketika usia 3 bulan ke bawah bisa aman-aman saja menggunakan essential oil. Tapi, ada juga yang belum cocok. Ada yang baru bisa cocok bila usianya sudah sekitar 6 bulan, meski ada juga yang masih belum bisa.

Kalau yang biasanya kebanyakan cocok itu, kalau usianya sudah lebih dari 6 bulan.

2. Kalau mau dioles, jangan langsung dipakai dalam keadaan kental, encerkanlah terlebih dahulu

Iya, karena essential oil ini masih cukup ‘keras’, maka harus diencerkan terlebih dahulu.

Campurlah dengan carrier oil (minyak pembawa) terlebih dahulu sebelum dioleskan ke tubuh anak, seperti misalnya minyak kelapa (virgin coconut oil (vco)), minyak almond, minyak kemiri, dan lain-lain.

Takaran pengenceran essential oil-nya tergantung pada usia anak. Untuk anak berusia di atas 3 tahun, rasio pengenceran yang aman dan direkomendasikan adalah antara 0,5% – 1%.

3. Gunakan sedikit demi sedikit saja dulu 

Jangan langsung banyak-banyak menggunakannya. Bila Anda ingin menggunakannya dengan cara dioles, oleslah sedikit demi sedikit terlebih dahulu ke telapak kaki ataupun tangannya.

Lihat dulu dalam waktu 1-2 hari, apakah kulitnya aman-aman saja atau mulai muncul merah-merah, iritasi, dan peradangan. Kalau ada muncul, coba berhentikan terlebih dahulu, karena mungkin anak Anda termasuk alergi terhadap essential oil tersebut, atau masih belum cocok. Tapi kalau tidak ada muncul, berarti insyaAllah aman.

4. Pelajari terlebih dahulu keterangan yang ada pada kemasan essential oil tersebut

Normalnya perusahaan ataupun penjual akan menjelaskan deskripsi essential oil yang ditawarkannya. Maka dari itu, coba Anda pastikan bahwa Anda sudah mempelajari deskripsi essential oil yang ditawarkan tersebut. Baik soal komposisinya, khasiatnya, cara penggunaannya, dan sebagainya.

Dan biasanya, yang aman adalah yang 100% murni essential oil. Hindari essential oil yang dicampur dengan alkohol dan wewangian sintetis, karena dapat mengakibatkan iritasi pada kulit anak usia bayi dan balita.

5. Gunakan melalui diffuser

Diffuser yang bagus untuk bayi

Menggunakan diffuser, insyaAllah cara yang cukup aman untuk anak-anak, termasuk usia bayi dan balita.

Diffuser itu semacam alat untuk mencampur essential oil dengan air, kemudian diuapkan, dan menjadi kabut yang memenuhi ruangan.

Dengan begitu, essential oil-nya menyebar di udara dalam jumlah yang sedikit-sedikit.

6. Bila anak sedang menderita sakit tertentu, silahkan konsultasikan ke dokter terlebih dahulu

Iya, apabila anak sedang menderita suatu penyakit tertentu, ada baiknya dikonsultasikan pada dokter terlebih dahulu. Seperti misalnya apabila anak menderita asma.

Essential Oil yang Aman untuk Anak Bayi dan Balita

Nah, terkait essential oil yang insyaAllah aman untuk anak-anak bayi maupun balita, kami merekomendasikan Nafasena Essential Oils.

Nafasena Essential Oils merupakan essential oil khusus pelega pernafasan, yang juga bermanfaat untuk membantu meredakan flu, pilek, batuk, sesak napas, serta problem pernapasan lainnya.

Untuk saat ini, ada 3 varian Syiir Essential Oil.

  1. Cough & Flu Relief Aroma Original
  2. Cough & Flu Relief Aroma Plus Orange
  3. Cough & Flu Relief Aroma Plus Lavender

Nafasena essential oil cough & flu relief ini insyaAllah aman, dan efektif pula untuk anak.

Alhamdulillah cukup banyak Bunda yang tadinya anaknya tampak mulai muncul gejala-gejala batuk-batuk ringan, namun dengan diberikan essential oil seperti ini, maka anaknya kembali sehat seperti biasa, tidak jadi sakit, atas izin Allah.

Terlebih lagi, karena kandungannya hanya 100% murni essential oil tanpa ada campuran bahan kimia lainnya.

Nafasena Essential Oil Cough & Flu Relief ini terdiri dari kombinasi essential oil eukaliptus, lemon, dan peppermint.

Anda bisa memesan NafasenaEssential Oil melalui website-nya, https://Nafasena.com/.

Nah, begitulah setidaknya essential oil yang aman untuk anak-anak usia bayi dan balita, beserta cara penggunannya.

Kalau ada yang ingin Anda diskusikan atau tanyakan terkait pembahasan ini, silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar di bawah yaa.


Refrensi: alodokter.com, wikipedia.